8 Tips Ampuh Menyeleksi Web Hosting Terpercaya

Tratto da EduEDA
Jump to: navigation, search

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian web hosting sebaiknya kita mengerti cara memilih hosting yang baik dan tepat untuk kita. Web hosting adalah layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi untuk dapat menyimpan data dalam kapasitas megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user/pengguna dari semua tempat secara simultan. Web hosting merupakan bagian vital dari pembuatan situs di internet, apabila kita sembarangan memilih web hosting hal tersebut akan berdampak buruk bagi web kita nantinya.

Berbicara mengenai hosting pasti kita akan berbicara yang namanya server, karena server merupakan bagian terpenting dari web hosting. Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan, oleh sebab itu server dapat mempengaruhi kinerja web kita. Server dibagi dalam tiga jenis, shared hosting, vps, dan dedicated.

Shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah account hosting disimpan secara bersamaan dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu server yang sama, atau lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya pengertian hosting.

VPS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private server, hampir sama dengan dengan shared hosting perbedaannya adalah resource-nya yang dibatasi perUser sehingga tidak terjadi saling berebut resource.

Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (1 website, 1 klien) saja.

Tentu saja jika mempunyai dana lebih, sangat disarankan untuk memilih layanan dedicated server. selain pemilihan server berikut beberapa tips lainnya dalam pemilihan hosting indonesia.

Tempat penyewaan hosting : Sangat disarankan untuk memilih penyedia layanan web hosting yang terpercaya dan sudah terbukti kehandalannya. Ini bisa dilihat dari kapan penyedian web hosting tersebut mulai berdiri (semakin lama semakin bagus karena ini akan membuktikan konsistensi web hosting tersebut), dan siapa saja pengguna jasa tempat tersebut.

Online support : Pilihlah jasa riau hosting dengan costumer service yang online 24 jam, karena ini akan membantu kita saat merasa kesulitan dengan layanan mereka atau jika kita mempunyai keluhan terhadap layanan web hosting yang mereka berikan.

Fasilitias Back Up : Apa jadinya jika website yang sudah kita bangun susah payah kemudian dih@ck oleh orang usil atau mengalami fatal error yang sulit untuk diperbaiki? tentu Anda akan sangat kecewa. Jika sudah demikian, maka jalan terakhir yang bisa kita tempuh adalah dengan merestore (mengembalikan data) lama yang masih baik. Back up data bisa saja dilakukan secara manual, tapi bukankah lebih baik jika waktu yang digunakan untuk back up manual digunakan untuk optimasi website atau menulis artikel yang baru? Oleh karena itu, pastikan hosting yang Anda sewa memiliki fitur back up yang mudah dengan 1 klik, bahkan jika perlu yang dapat memback up otomatis secara berkala.

Stabilitas Server : Salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih sebuah hosting adalah stabilitas server. Anda tentu tidak akan mendapatkan jaminan stabilitas server atau uptime secara akurat dengan hanya melihatnya di situs hosting yang akan Anda sewa. Karena mereka tentu akan mengklaim stabilitas server mereka sangat baik. Untuk mengetahuinya secara akurat, Anda bisa gabung di komunitas blog, hosting dan lain sebagainya dan tanyakan pengalaman atau review mereka terhadap hosting yang akan Anda sewa.

Persentase uptime : Uptime adalah ukuran seberapa baik penyedia pekanbaru hosting menjaga kelancaran sistem mereka. Jika penyedia hosting memiliki persentase uptime tinggi, maka itu berarti bahwa server mereka tetap up dan berjalan dengan baik, sehingga situs Anda pun akan berjalan dengan baik juga. Biasanya web hosting yang baik akan memberikan garansi 99,99% uptime.

Kecepatan Loading dan Jatah Bandwidth : Lagi-lagi untuk kecepatan loading dan jatah bandwitdh Anda tidak bisa mendapatkannya di situs hosting yang akan Anda sewa. Sekarang banyak yang penyedia hosting yang menawarkan layanan gratis dengan embel-embel serba Unlimited. Jika memang ada yang demikian kenyataannya (bukan janjinya), saya jamin tidak sampai 1 bulan perusahaan hosting tersebut akan gulung tikar. Jadi lagi-lagi Anda harus tanya kepada mereka yang sudah berpengalaman melalui forum-forum di internet. Ingat! Google yang pada tahun 2010 telah mengumumkan bahwa kecepatan loading page sangat berpengaruh pada SEO.

Lokasi Server : Jika Anda berencana membuat website berbahasa Indonesia, tentu Anda tidak perlu mencari hosting luar negeri, karena hosting lokal biasanya menempatkan servernya di Indonesia. Tapi jika target pengunjung Anda adalah mereka yang menggunakan bahasa Inggris, tentu tidak bijak jika memilih server yang terletak di Indonesia karena jarak server dengan pengunjung website yang akan mengambil data dari server terlalu jauh sehingga berpengaruh pada kecepatan transfer data ke tempat pengunjung. Jadi pilih hosting yang mempunyai database server di banyak tempat sehingga Anda akan leluasa untuk memilih lokasi hosting. Jika terpaksa memilih hosting luar tapi target pengunjung Indonesia, pastikan yang mempunyai dns server di Singapura atau Indonesia.

Web hosting rekomendasi : Agar Anda tidak kecewa dengan jasa penyewaan web hosting, sebaiknya Anda mencari referensi atau rekomendasi dari orang lain atau orang yang telah sering menggunakan layanan web hosting. Untuk saya sendiri, saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan Riau Network , karena selain harga sewanya relatif murah juga kehandalan servernya telah teruji. Klik disini untuk mengetahui harga serta membeli layanan Riau Network

Itulah beberapa tips untuk memilih web hosting yang baik, selanjutnya biar Anda menentukan sendiri apakah tempat yang Anda pilih sudah cukup baik atau belum.